-->

Lokasi Wisata Terbaik di Lombok

- January 16, 2018

Gudangnya obyek wisata indah tidak cuma Pulau Bali. Lombok yang tempatnya bersebelahan dengan Bali mempunyai beberapa tempat yg tidak kalah menarik untuk dikilas balik. Tidaklah heran, bila sekarang ini popularitas Lombok di mata beberapa wisatawan bertambah mencolok.

Pulau Lombok yang masuk dalam Propinsi Nusa Tenggara Barat terdiri jadi lima lokasi pemerintahan, yaitu :

Pemerintah Kota Mataram
Pemerintah Kabupaten Lombok Barat
Pemerintah Kabupaten Lombok Utara
Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah
Pemerintah Kabupaten Lombok Timur
Semasing lokasi itu mempunyai beberapa tempat yang menarik serta miliki kekhasan sendiri. Begitu lumrah bila seseorang wisatawan tidak sempat jemu waktu bertandang ke Lombok. Nah, di bawah ini yaitu daftar 40 obyek wisata di Lombok berdasar pada wilayahnya :

Daftar Obyek wisata di Kota Mataram


Kota Mataram sering jadi persinggahan paling utama saat di Pulau Lombok. Di bawah ini yaitu jejeran obyek wisata yang dapat dikunjungi di lokasi Kota Mataram :

1. Kota Tua Ampenan


Waktu ada di Lombok, Anda memiliki kesempatan untuk melihat kehadiran gedung-gedung tua yang mempunyai arsitektur classic. Tempatnya di Kota Tua Ampenan yang dahulu pernah di kenal jadi kota paling ramai serta adalah kota pelabuhan paling utama di Lombok. Buktinya juga terpampang terang, dengan kehadiran gedung-gedung tua yang sampai saat ini masih tetap berdiri di obyek wisata ini.

Bila menginginkan melihat situasi Kota Tua Ampenan, tidaklah terlalu susah. Obyek wisata Kota Tua Ampenan yang disebut sisi dari lokasi Kota Mataram dapat dijangkau dari Pelabuhan Lembar—pelabuhan yang menghubungkan Padangbai Bali dengan Lombok. Perjalanan dari Lembar menuju kesini tidaklah terlalu jauh, cuma menelan saat perjalanan sepanjang 1 jam.

Jadi penambahan, Kota Tua Ampenan juga sering jadi persinggahan untuk beberapa wisatawan. Argumennya, karna disini ada bermacam pilihan hotel murah. Diluar itu, akses transportasi dari Ampenan menuju beragam obyek wisata di Lombok dapat juga didapati dengan gampang.

2. Pura Taman Mayura


Pura Taman Mayura
Pura Taman Mayura
Situasi yang classic bukan sekedar dapat didapati di Kota Tua Ampenan. Macam yang lain, Anda dapat juga pilih bertandang ke obyek wisata Pura Taman Mayura yang ada di Cakranegara. Lokasi ini memanglah di kenal jadi ruang bersejarah di Kota Mataram. Intinya, karna tempat ini yaitu koloni dari Kerajaan Karangasem Bali.

Pura Taman Mayura juga adalah satu diantara peninggalan dari Raja Anak Agung Made Karangasem dari Kerajaan Karangasem Bali. Bangunan yang dibangun pada th. 1744 ini mempunyai desain arsitektur yang indah. Tidaklah heran bila banyak wisatawan yang bertandang ke obyek wisata seluas 3 hektare ini.

Anda dapat pergi ke obyek wisata ini dari pusat Kota Mataram memakai angkutan umum atau taksi. Untuk masuk ke ruang taman, beberapa pengunjung dipakai tarif masuk yang murah, yaitu Rp5. 000, 00 per orang. Cost itu telah termasuk juga jasa pemandu wisata yang disiapkan oleh pihak pengelola Pura Taman Mayura.

3. Pura Meru


Pernah jadi lokasi dari Kerajaan Karangasem Bali, penganut agama Hindu di Lombok cukup tinggi. Hal tersebut tampak dari kehadiran obyek wisata Pura Meru yang berada di Cakranegara yang disebut pura paling besar yang berada di Lombok. Usianya juga telah tua, dibuat pada era ke 18.

Beberapa wisatawan yang datang ke obyek wisata ini dapat melihat kekhasan desain arsitektur pura. Ketika melewati jalanan, Anda juga akan ditempatkan dengan kehadiran tiga meru bertingkat yang di buat dengan memakai atap berbahan ijuk.

4. Mataram Mall


Bila menginginkan mencari tempat berbelanja yang nyaman di Lombok, tempat yang dapat dituju yaitu Mataram Mall. Pusat perbelanjaan yang satu ini terdapat di Jl. Pejanggik, Cakranegara, Kota Mataram. Di obyek wisata ini, Anda juga akan temukan kehadiran dua bangunan, yaitu Mataram Mall 1 serta Mataram Mall 2 yang dapat jadi tempat berbelanja beragam type barang.

Daftar Obyek wisata di Kabupaten Lombok Barat

Kabupaten Lombok Barat juga mempunyai beberapa tempat wisata menarik di Lombok. Di bawah ini yaitu jejeran tujuan wisata popular di Lombok Barat :

5. Pantai Senggigi


Pantai Senggigi
Pantai Senggigi
Mulai sejak dahulu, Pantai Senggigi di kenal jadi obyek wisata paling popular di seantero Lombok. Pantai ini berjarak sekitaran 50 Km dari Pelabuhan Lembar. Jadi satu lokasi wisata yang terkenal, sarana penunjang dapat didapati dengan gampang disini. Dari mulai kehadiran hotel murah, fasilitas transportasi, jasa pemandu wisata, penyewaan alat-alat snorkeling, dan sebagainya.

Obyek wisata ini juga senantiasa ramai oleh beberapa pengunjung, baik siang maupun malam hari. Terutama, ada jejeran hotel-hotel elegan selama pantai. Mereka yang bertandang ke tempat ini bukan sekedar wisatawan lokal, tapi juga beberapa turis mancanegara. Maklum saja, tempat ini memanglah sering dikatakan sebagai pelopor yang memperkenalkan wisata Indonesia didunia internasional.

Ini penginapan murah dan meriah dekat Pantai Senggigi
Pantai Sengigi
Siapa yang tidak kagum dengan Pantai Senggigi di Lombok? Garis pantai yang panjang, hamparan pasir putih kecokelatan, serta air jernih berwarna kehijauan juga akan buat Anda tidak hentinya berdecak mengagumi akan. Menggunakan saat sebagian jam saja disini, pasti rasa-rasanya kurang.

Supaya dapat nikmati pesona keindahannya kurun waktu lama, Anda baiknya pilih penginapan yang ada tidak jauh dari bibir Pantai Senggigi. Jadi, Anda cuma butuh jalan kaki waktu menginginkan nikmati situasi ciri khas pantai.

Sebagian hotel murah yang dapat jadikan pilihan diantaranya Sonya Homestay, Ellen Hotel, serta Balekampung Asri. Ada juga penginapan dengan sarana tambah baik yang dekat dari Pantai Senggigi, seperti Puri Mas Boutique Resort & Spa, Svarga Resort, serta Holiday Resort Lombok. Untuk harga paling baik, cobalah pesan paket khusus ticket pesawat serta hotel yang juga akan memberi Anda potongan harga sampai 20%.


6. Pura Batu Bolong


Pura Batu Bolong
Pura Batu Bolong
Bila ada di lokasi Senggigi, Anda bukan sekedar dapat melihat keindahan Pantai Senggigi. Obyek wisata Pura Batu Bolong juga sayang untuk ditinggalkan. Pura ini mempunyai situasi yang serupa dengan Tanah Lot di Bali, terlebih karna tempatnya yang ada di pinggir pantai. Jadi penambahan, pura ini mempunyai keunikan pada kehadiran batu berlubang yang berada di ruang pura.

Untuk masuk ke obyek wisata ini, beberapa pengunjung mesti membayar ticket masuk sebesar Rp20. 000, 00 per orang. Peristiwa paling baik yang dapat dirasa saat datang ke tempat ini yaitu pada sore hari mendekati matahari tenggelam. Ketika itu, kesan eksotis juga akan Anda dapatkan—pemandangan pura dengan latar belakang langit berwarna jingga.

7. Pantai Sekotong


Pantai Sekotong
Pantai Sekotong
Pantai Sekotong dapat jadi pilihan obyek wisata menarik selanjutnya di Pulau Lombok. Pantai yang berjarak 60 Km dari pusat Kota Mataram ini mempunyai keindahan yang buat siapa juga terpukau. Terutama, pantai ini adalah pantai yang dikeliling oleh ruang perbukitan, membuatnya jadi tempat yang bersih serta tidak sering terjamah tangan manusia.

Bermacam kesibukan dapat dikerjakan di obyek wisata ini. Airnya yang jernih, akan mengundang Anda untuk menyelami keindahan alam bawah lautnya. Diluar itu, Anda dapat juga mengajak anggota keluarga atau rekan rombongan untuk berkeliling-keliling belasan pulau kecil yang tempatnya berdekatan dengan Pantai Sekotong. Dari mulai Gili Asahan, Gili Monitor, Gili Tangkong, Gili Gede, Gili Sudak, Gili Nanggu, dan sebagainya.

8. Gili Sudak

Pulau indah di Lombok tidak cuma Gili Trawangan, Gili Meno, maupun Gili Air. Gili Sudak serta Gili Kedis saat ini sudah menjelma jadi obyek wisata yang banyak dilirik oleh wisatawan. Terlebih karna ke-2 tempat yang berada di Sekotong Tengah, Lombok Barat ini menyuguhkan situasi seperti satu pulau pribadi.

Di obyek wisata Gili Sudak, Anda juga akan melihat hamparan pasir putih yang menyelimuti seisi pulau. Panorama itu juga akan dihiasi oleh kehadiran jejeran pohon cemara. Bukan sekedar itu, Anda dapat juga melihat keindahan alam bawah laut yang penuh dengan keragaman hayati.

Perjalanan ke obyek wisata ini tidaklah terlalu susah. Anda cuma perlu meniti jarak pada Mataram serta Sekotong Tengah yang dapat dilewati sepanjang 1 jam perjalanan. Kemudian, perjalanan diteruskan dengan naik perahu motor yang memiliki untuk enam orang. Sampailah Anda di Gili Sudak.

9. Gili Kedis

Gili Kedis menyuguhkan situasi yang tambah lebih menarik dibanding Gili Sudak. Terlebih, karna obyek wisata ini adalah satu pulau yang memiliki ukuran lebih kecil dibanding dengan Gili Sudak. Bahkan juga, untuk berkeliling-keliling pulau dapat dikerjakan kurun waktu yang singkat, cuma 7 menit.

Karna ukurannya yang kecil, pasti Anda akan tidak dapat temukan sarana apapun di pulau ini. Oleh karenanya, bila menginginkan terlalu lama di obyek wisata ini, Anda mesti mempersiapkan perbekalan lebih dahulu. Jadi fasilitas bermalam, Anda dapat menemukannya di Gili Sudak.

10. Rimba Wisata Sesaot

Bila Anda yaitu type orang yang lebih sukai dengan situasi alami di dalam rimba, Lombok Barat mempunyai pilihannya. Obyek wisata itu yaitu Rimba Wisata Sesaot yang terdapat di Desa Sesaot, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat.

Obyek wisata ini begitu pas untuk Anda yang menginginkan liburan dengan keluarga. Anda dapat mengajak anak untuk berkemah di dalam rimba. Janganlah cemas, Anda akan tidak sendiri. Pada musim berlibur, Rimba Wisata Sesaot sering jadi tempat kesibukan outbond.

Bukan sekedar itu, obyek wisata ini memberi tempat yang menarik untuk anak untuk lihat keindahan alam dengan segera. Terutama, ada mata air fresh yang bersumber dari Gunung Rinjani ditempat ini. Bukan sekedar itu, anak-anak dapat juga belajar dengan segera dari orang-orang Suku Sasak yang tinggal di Desa Sesaot.

Daftar Obyek wisata di Kabupaten Lombok Utara

Lombok Utara sering jadi persinggahan paling utama beberapa wisatawan. Argumen intinya, karna disini adalah tempat dari Gili Trawangan. Tetapi, apakah cuma ada obyek wisata Gili Trawangan disini? Di bawah ini yaitu daftar tempat wisata popular di Lombok Utara :


11. Gili Trawangan

Gili Trawangan
Gili Trawangan
Obyek wisata pertama yang sering jadi tempat berlibur di Lombok yaitu Gili Trawangan. Pulau yang satu ini tawarkan bermacam kesibukan wisata. Anda dapat melihat keindahan alam bawah laut yang memukau, hamparan pasir putih yang luas, maupun panorama matahari tenggelam yang menarik.

Bila ingin, Anda dapat juga berusaha untuk bertandang ke dua pulau kecil beda yang tempatnya berdekatan dengan Gili Trawangan, yaitu Gili Air serta Gili Meno. Bila Gili Trawangan jadi tempat yang ramai serta sering dikerjakan pesta pinggir pantai, Gili Meno serta Gili Air miliki situasi yang lebih tenang.

Anda juga tidaklah perlu keluarkan uang banyak untuk dapat liburan di obyek wisata ini. Akses transportasi dapat dikerjakan dengan gampang dari Pelabuhan Bangsal atau dapat juga dari Padang Bai di Bali. Untuk tempat bermalam, Anda dapat temukan kehadiran hotel-hotel murah disini. Dengan kisaran harga dari mulai Rp200 beberapa ribu per malam.

12. Gili Air

Gili Air
Gili Air
Gili Air adalah satu pulau kecil yang ada satu gugus dengan Gili Trawangan serta Gili Meno. Karna ukurannya yang kecil, Anda juga dapat melingkari obyek wisata ini dengan jalan kaki cuma kurun waktu 90 menit. Anda juga tidaklah perlu cemas tersesat, karna jalan setapak yang berada di pulau ini semua menghadap ke pinggir pantai.

Akses menuju ke obyek wisata ini dapat dikerjakan dari beragam tempat. Dari mulai Gili Trawangan, Pelabuhan Bangsal, Pantai Senggigi, maupun Pantai Padang Bai di Bali. Cuma saja, waktu keberangkatan kapal menuju ke Gili Air lebih rendah dibanding dengan jadwal kapal ke Gili Trawangan.

13. Gili Meno

Pulau ke-3 yang masuk dalam gugusan Kepulauan Gili di Lombok yaitu Gili Meno. Dibanding dengan Gili Air serta Gili Trawangan, Gili Meno adalah pulau yang paling sepi. Terlebih, ukuran obyek wisata ini lebih kecil dibanding dengan ke-2 gili beda dengan jumlah masyarakat lebih kurang cuma 400 orang.

Meskipun demikian, Anda tetaplah dapat temukan kehadiran penginapan di obyek wisata ini. Tarif menginapnya juga tidaklah terlalu mahal, dari mulai Rp100 ribu per malam. Tentang fasilitas transportasi, Anda dapat menuju ke Gili Meno dari beragam tempat. Dari mulai Gili Air, Gili Trawangan, Pelabuhan Bangsal, Pantai Senggigi, maupun dari Pantai Amed di Bali.

14. Pelabuhan Bangsal

Pelabuhan Bangsal
Pelabuhan Bangsal
Pelabuhan yang satu ini adalah pintu gerbang paling utama menuju ke Gili Trawangan, Gili Meno, serta Gili Air serta dapat ditempuh sekitaran 40 menit perjalanan dari Pantai Senggigi. Dari sini, beberapa wisatawan dapat temukan kapal feri yang pergi dengan teratur menuju ke-3 obyek wisata itu. Tarif menyeberang dari Bangsal menuju ke-3 gili itu juga cukup murah, tidaklah sampai Rp20 ribu per orang.

Tetapi, jadwal keberangkatan kapal untuk semasing gili mempunyai ketidaksamaan. Kapal menuju Gili Trawangan dapat didapati dari mulai jam 8. 00 sampai 17. 00 WITA. Sesaat untuk ke Gili Meno, ada pada jam 09. 00 - 14. 00 WITA. Paling akhir bila menginginkan rasakan ketenangan di Gili Air, kapalnya pergi pada rentang 08. 00 - 11. 00 WITA.

15. Air Terjun Tiu Teja

Air Terjun Tiu Teja adalah obyek wisata baru yang berada di Lombok Utara. Keberadaannya memanglah cukup tersembunyi, tertutup oleh rimba belantara di lereng Gunung Rinjani. Tidaklah heran bila wisatawan kurang demikian ketahui tempat ini. Kekhasan paling utama dari wisata alam paling baru ini yaitu pada memiliki bentuk yang berbentuk air terjun kembar.

Tidaklah terlalu susah bila menginginkan melihat keindahan obyek wisata ini. Tempatnya ada di Desa Santong, Kecamatan Kayangan. Bila menginginkan ke tempat ini, Anda butuh meniti perjalanan sekitaran 60 km dari Kota Mataram, dengan saat tempuh menjangkau 2 jam. Tetapi, lamanya perjalanan itu juga akan terobati oleh keindahan air terjun berjuluk air terjun pelangi ini.

16. Pantai Tebing

Di Lombok Utara, Anda akan temukan kehadiran pantai yang unik di Pantai Tebing. Pantai ini adalah obyek wisata yang beberapa waktu terakhir popular di kelompok wisatawan lokal. Kehadiran tebing selama 50 mtr. jadi keunikan dari pantai ini. Beberapa wisatawan yang datang juga sering berfoto dengan latar belakang tebing itu.

Tempat obyek wisata ini ada di Dusun Luk, Desa Bangkol, Kecamatan Gangga. Orang-orang sekitaran, lebih mengetahui pantai ini dengan nama Pantai Luk. Akses menuju ke tempat ini tidaklah terlalu susah. Dapat dijangkau baik memakai kendaraan pribadi maupun umum.

Bila naik kendaraan pribadi, Anda butuh meniti perjalanan sejauh 42 Km dari Kota Mataram. Disamping itu, bila menginginkan naik kendaraan umum ke obyek wisata ini, dapat menuju ke Terminal Mandalika. Disana, juga akan ada angkutan umum menuju ke Pantai Tebing dengan tarif Rp25. 000, 00 per orang.

17. Air Terjun Tiu Kelep serta Air Terjun Sendang Gile di Senaru

Air Terjun Tiu Kelep serta Air Terjun Sendang Gile di Senaru
Air Terjun Tiu Kelep serta Air Terjun Sendang Gile di Senaru
Bertandang ke Desa Senaru yang berada di Kecamatan Bayan, Lombok Utara, Anda juga akan dapat melihat dua air terjun indah, yaitu Air Terjun Tiu Kelep serta Sendang Gile. Ke-2 obyek wisata alam ini keduanya sama mempunyai panorama yang indah serta beri kesegaran mata.

Bertandang ke ke-2 air terjun ini, Anda juga akan rasakan situasi yang sejuk. Terlebih, karna obyek wisata ini ada di di ketinggian 600 mdpl. Menariknya, air yang berada di ke-2 air terjun ini diakui mempunyai kekuatan untuk mengobati penyakit, lo. Walau, untuk kebenarannya belumlah ada pembuktian dengan ilmiah.

Desa Senaru sebagai tempat dari ke-2 obyek wisata alam ini berjarak sekitaran 60 Km dari Kota Mataram. Perlu untuk diketahui, tak ada kendaraan umum yang melayani jalur transportasi menuju kesini. Jadi, pemecahannya cuma memakai kendaraan pribadi. Sesampainya di Desa Senaru, Anda masih tetap mesti meneruskan perjalanan dengan jalan kaki lebih kurang sepanjang 30 menit.

18. Pantai Nipah

Pantai Nipah
Pantai Nipah
Ada tidak jauh dari Pantai Senggigi, Pantai Nipah dapat jadi obyek wisata yang masuk dalam daftar kunjungan Anda di Lombok. Dari Senggigi, Anda cuma perlu saat perjalanan sepanjang 20 menit. Perjalanan juga juga akan merasa mengasyikkan, karna ditemani oleh panorama ruang bukit yang hijau.

Di obyek wisata ini, Anda akan rasakan situasi yang jauh berlainan dengan Pantai Senggigi. Bila di Senggigi suasananya begitu ramai, Pantai Nipah adalah pantai yang sepi pengunjung. Panorama yang berada di tempat ini tidak kalah indahnya.

Seperti di Pantai Senggigi, Anda dapat melihat panorama matahari tenggelam yang menarik di Pantai Nipah. Menariknya sekali lagi, Anda juga tidaklah perlu keluarkan uang untuk ticket masuk ke obyek wisata ini. Cukup bayar tarif parkir kendaraan, jadi Anda dapat bebas melakukan aktivitas di ruang pantai.

19. Air Terjun Kerta Gangga

Satu sekali lagi obyek wisata air terjun yang indah di Pulau Lombok, yaitu Air Terjun Kerta Gangga. Air terjun ini berada di Dusun Kerta yang masuk dalam lokasi Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara. Menariknya, Anda bukan sekedar dapat melihat keindahan satu air terjun, tapi tiga air terjun sekalian.

Di obyek wisata ini, memanglah ada tiga air terjun. Ketiganya semasing dimaksud dengan nama Air Terjun Kerta Gangga 1, 2, serta 3. Anda juga dapat memiliki kesempatan untuk mandi di ke-3 air terjun itu. Tetapi, Anda juga butuh waspada karna kolam di air terjun ini cukup dalam, menjangkau 2 m.

Ticket masuk ke ruang obyek wisata ini cukup murah. Anda cuma dipakai cost sebesar Rp5. 000, 00 per orang. Tarif itu telah termasuk juga cost parkir kendaraan.

Daftar Obyek wisata di Kabupaten Lombok Tengah

Kabupaten Lombok Tengah jadi lokasi yang penuh dengan obyek wisata menarik. Di bawah ini yaitu sebagian daftar tempat wisata popular yang berada di Lombok Tengah :

20. Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok yang terdapat di Desa Kuta, Kecamatan Pujut berjarak lebih kurang 50 Km dari Kota Mataram, dapat jadi pilihan tempat menggunakan saat berlibur selanjutnya. Pantai ini ada di pesisir selatan Pulau Lombok serta tempatnya berdekatan dengan beberapa tempat wisata, salah satunya yaitu Pantai Tanjung Aan, Desa Sade, Pantai Seger, Pantai Selong Belanak, maupun Pantai Putri Nyale.

Obyek wisata yang satu ini mempunyai keindahan yg tidak kalah dengan Pantai Kuta Bali. Anda juga akan temukan pantai dengan hamparan pasir putih yang bersih serta luas disini. Pikirkan saja, Pantai Kuta Lombok ini miliki garis pantai yang begitu panjang, menjangkau 7, 2 Km. Diluar itu, air laut ditempat ini bersih, seakan mengundang siapa juga untuk menceburkan diri ke dalamnya.

21. Pantai Seger

Pantai Seger
Pantai Seger
Bila masih tetap belum juga senang dengan keindahan Pantai Kuta Lombok, Anda dapat juga meneruskan perjalanan ke Pantai Seger. Obyek wisata yang satu ini tempatnya berdekatan dengan Pantai Kuta Lombok. Anda cuma butuh meneruskan perjalanan ke arah timur sejauh 4 Km. Disini, Anda dapat melihat panorama matahari tenggelam yang menarik dari atas bukit.

Terkecuali mempunyai panorama matahari tenggelam yang menarik, pantai ini sering jadi tempat berolahraga selancar favorite. Dengan ombaknya yang tinggi, beberapa peselancar dapat rasakan keseruan sendiri di obyek wisata ini. Untuk masuk ke ruang pantai, Anda juga tidaklah perlu membayar mahal, cuma dipakai cost parkir kendaraan sebesar Rp10 ribu.

22. Pantai Putri Nyale

Tidak jauh dari Pantai Seger, Anda dapat juga meluangkan datang ke Pantai Putri Nyale. Jarak obyek wisata ini cuma selemparan batu dari Pantai Seger. Diluar itu, pantai ini mempunyai hamparan pasir yang indah. Dibanding dengan pantai-pantai beda di Lombok, situasi di pantai ini relatif lebih sepi. Pas untuk Anda yg tidak sukai dengan keramaian.

Satu hal sebagai keunikan dari obyek wisata Pantai Putri Nyale ini yaitu narasi legenda Putri Mandalika. Bahkan juga, untuk melukiskan legenda itu, ada Monumen Putri Nyale yang ada di tepi pantai. Diluar itu, disini juga ada kebiasaan unik yang dimaksud dengan Bau Nyale.

Dalam kebiasaan ini, orang-orang juga akan berlomba mencari binatang laut yang memiliki bentuk serupa cacing—oleh orang-orang dimaksud dengan nyale. Konon, cacing nyale itu adalah jelmaan Putri Mandalika yang pilih terjun ke tengah laut dari pada mesti dipersunting oleh pangeran.

23. Desa Sade

Desa Sade
Desa Sade
Obyek wisata selanjutnya yang ada tidak jauh dari Desa Kuta yaitu Desa Sade. Disini, Anda juga akan dapat melihat dengan segera kehidupan Suku Sasak yang di kenal jadi masyarakat asli Pulau Lombok. Orang-orang yang tinggal di Desa Sade juga masih tetap selalu berupaya untuk melestarikan budaya yang di turunkan dengan turun temurun.

Di desa yang berjarak sekitaran 6 Km dari Desa Kuta ini, Anda dapat melihat kehadiran rumah-rumah tradisionil punya masyarakat. Mereka masih tetap memakai beberapa bahan tradisionil untuk pembangunan rumah, dari mulai tiang kayu, atap dari alang-lang kering, sampai dinding dari bambu.

Ada hal menarik beda yang dapat didapati ditempat ini, terlebih berkaitan rutinitas warga Desa Sasak dalam memakai kotoran kerbau. Kotoran itu mereka pakai keseharian untuk bersihkan rumah. Dalam keyakinan orang-orang di obyek wisata ini, kotoran kerbau bermanfaat untuk mengusir serangga serta serangan magis.

24. Pantai Tanjung Aan

Perjalanan menyusuri pantai-pantai indah di sekitaran Desa Kuta masih tetap belum juga selesai. Anda dapat juga melihat keindahan Pantai Tanjung Aan yang dikelilingi oleh ruang perbukitan. Salah nya ialah Bukit Merese yang disebut obyek wisata populer yang lain di Pulau Lombok. Untuk mencapai pantai ini, Anda cuma perlu meneruskan perjalanan sepanjang 12 menit dari Pantai Seger.

Pantai Tanjung Aan adalah pantai yang ramai dikunjungi wisatawan. Kekhasan paling utama yang dimiliki Tanjung Aan yaitu pada susunan pasirnya. Berlainan dengan pantai beda, pasir Pantai Tanjung Aan mempunyai ukuran yang cukup besar, seperti merica. Diluar itu, Anda dapat juga lakukan beragam kesibukan di obyek wisata ini, dari mulai berenang, snorkeling, selancar, maupun sebatas melihat panorama dari pinggir pantai.

25. Bukit Merese

Bukit Merese
Bukit Merese
Bertandang ke Kuta Lombok, Anda juga tidak bisa melupakan kehadiran Bukit Merese. Obyek wisata ini berdekatan dengan Pantai Tanjung Aan serta akses masuknya dapat dilalui baik oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Sesampainya diatas bukit, Anda juga akan dapat melihat panorama yang memukau siapapun. Bahkan juga, banyak yang mengatakan panorama disini bak panorama di negeri beda.

Dari padang rumput atas bukit ini, Anda juga akan dapat menjumpai kehadiran kerbau yang tengah mencari makan. Diluar itu, Anda dapatlah melihat panorama Pantai Tanjung Aan dari ketinggian. Tetapi, sedikit kesibukan yang dapat dikerjakan disini. Anda cuma dapat bersantai sambil berburu photo instagrammable atau menanti kehadiran saat matahari tenggelam.

26. Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak
Pantai Selong Belanak
Obyek wisata yang menarik selanjutnya di Lombok yaitu Pantai Selong Belanak. Pantai yang terdapat di lokasi administratif Kabupaten Lombok Tengah ini ada 19 Km ke arah barat dari Pantai Kuta Lombok serta ada pada satu jalur perjalanan. Akses menuju ke tempat ini cukup gampang. Dapat ditempuh kurun waktu 30 menit perjalanan dari Bandara Internasional Lombok.

Obyek wisata ini seperti satu pantai yang tersembunyi, diapit oleh dua bukit. Pantai Selong Belanak mempunyai garis pantai yang cukup panjang, menjangkau 1 Km. Pasir pantai lembut dan ombak yang tidaklah terlalu besar jadi panorama yang beri kesegaran disini. Mereka yang datang kesini juga umumnya tidak melupakan peluang untuk belajar selancar. Terutama, ada sarana penyewaan papan sekalian pelatihan selancar.


27. Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu
Air Terjun Benang Kelambu
Air Terjun Benang Kelambu di kaki Gunung Rinjani juga jadi pilihan obyek wisata alam yang menarik untuk didatangi. Terlebih untuk yang menyukai photo narsis untuk diupload ke Instagram. Photo dengan latar belakang air terjun yang mempunyai bentuk seperti gorden ini juga akan begitu menarik.

Air terjun yang berada di Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah ini memanglah miliki panorama indah. Sejatinya, air terjun pada obyek wisata ini datang dari sebagian mata air. Tetapi, karna kehadiran mata air itu tertutup oleh tumbuhan yang rimbun, tampak seperti kelambu.

Diluar itu, ada kekhasan beda yang dapat didapati di obyek wisata ini. Air Terjun Benang Kelambu ini adalah air terjun yang miliki tiga tingkat. Tingkat pertama mempunyai ketinggian 30 mtr.. Sesaat air terjun tingkat ke-2 serta ke-3 semasing 10 mtr. serta 5 mtr..

28. Pantai Semeti

Pantai Semeti
Pantai Semeti
Pantai Semeti jadi pantai tersembunyi yang menarik untuk dijelajahi di Lombok Tengah. Karna tempatnya yang memanglah sulit dijangkau itu, tidaklah heran bila obyek wisata ini masih tetap berbentuk satu pantai yang perawan serta masih tetap sepi pengunjung.

Di obyek wisata Pantai Semeti ini, Anda betul-betul dapat melihat keindahan alam yang menarik. Tidaklah perlu berenang kedalam laut untuk dapat melihat keragaman biota laut disini. Anda cukup jalan di pinggir pantai serta melihat suguhan panorama di akuarium alami yang berada di sana.

Kehadiran batu-batu karang di pinggir pantai memanglah membuat sebagian akuarium alami yang dapat disaksikan dengan segera. Di situ, Anda juga akan melihat kehadiran hewan-hewan laut yang berenang bebas.

Obyek wisata Pantai Semeti ini berada di Desa Prabu, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Berjarak lebih kurang 60 Km yang dapat ditempuh kurun waktu 2 jam perjalanan dari Kota Mataram. Diluar itu, pantai ini berdekatan dengan Pantai Selong Belanak, lebih kurang 5 Km.

29. Batu Payung

Batu Payung
Batu Payung
Satu sekali lagi obyek wisata pantai sebagai tempat photo favorite beberapa wisatawan, yakni Pantai Batu Payung. Ditempat ini, Anda juga akan dapat menjumpai batu karang besar yang memiliki bentuk seperti payung hingga oleh orang-orang setempat dimaksud dengan nama Pantai Batu Payung.

Cuma saja, terkecuali kehadiran batu besar itu, obyek wisata ini tidak mempunyai daya tarik beda. Anda akan tidak merasakan hamparan pasir putih yang lembut disini. Pantai ini adalah pantai yang mempunyai susunan batu karang. Sebagian besar wisatawan yang datang ke tempat ini, menggunakan saatnya untuk photo dengan latar belakang batu berupa payung.

Tidak demikian susah untuk mencapai obyek wisata ini. Pantai Batu Payung tempatnya berdekatan dengan Pantai Tanjung Aan. Dari Tanjung Aan, Anda cuma butuh jalan kaki lebih kurang 30 menit untuk dapat sampai ke tempat ini.

Daftar Obyek wisata di Kabupaten Lombok Timur

Ada di ujung timur Pulau Lombok, tidak jadikan Kabupaten Lombok Timur jadi lokasi yang minim obyek wisata. Bahkan juga, disini beberapa wisatawan dapat menjumpai kehadiran tujuan wisata yang bermacam. Di bawah ini yaitu jejeran tempat wisata populer di Lombok Timur :

30. Taman Nasional Gunung Rinjani

Taman Nasional Gunung Rinjani
Taman Nasional Gunung Rinjani
Untuk yang suka bertualang, Taman Nasional Gunung Rinjani jadi obyek wisata yang pas. Disini ada Gunung Rinjani yang disebut gunung berapi teratas ke-2 di Indonesia—setelah Gunung Kerinci. Tidak lupa, Anda dapat juga melihat keindahan Segara Anak yang ada di kaldera Gunung Rinjani.

Bila Anda menginginkan mendaki Gunung Rinjani, lebih dahulu mesti lakukan pemesanan pada pihak pengelola obyek wisata ini. Dapat dengan segera menuju kantor Balai Taman Nasional Gunung Rinjani di alamat Jl. Arya Banjar Getas Lingkar Selatan Kota Mataram. Ada dua pintu masuk jalur pendakian, yaitu Pintu Masuk Sembalun serta Pintu Masuk Senaru.

31. Desa Sembalun

Desa Sembalun
Desa Sembalun
Desa Sembalun yang berjarak 90 Km dari Kota Mataram bukan sekedar jadi tempat pintu masuk jalur pendakian Gunung Rinjani. Desa Sembalun yang ada di kaki Gunung Rinjani ini jadi pilihan obyek wisata menarik. Karna ada di dataran tinggi, Anda juga akan rasakan situasi yang sejuk.

Disini, Anda akan peroleh suguhan panorama yang alami. Panorama hijau dapat disaksikan ke mana juga mata melihat. Tidaklah heran bila beberapa pendaki sering menggunakan saat cukup lama di obyek wisata ini. Walau, cuma untuk sebatas melepas capek sambil berfoto narsis.

32. Puncak Pergasingan

Bila Anda mempunyai saat yang singkat serta tidak pernah mendaki ke Gunung Rinjani, Puncak Pergasingan dapat jadi alternatif. Obyek wisata ini adalah satu bukit yang ada di Desa Sembalun dengan ketinggian menjangkau 1. 700 mtr. diatas permukaan laut (mdpl).

Dari atas bukit, Anda juga akan dapat melihat panorama yang unik. Panorama itu yaitu, petak-petak sawah punya orang-orang Desa Sembalun yang tampak berwarna-warni. Bila menginginkan melihat keindahan di obyek wisata Puncak Pergasingan, ticket masuknya murah, cuma Rp15. 000, 00 per orang.

33. Rimba Bambu Sembalun

Rimba Bambu Sembalun jadi obyek wisata beda yang dapat dikunjungi di Desa Sembalun. Disini, Anda juga akan melihat kehadiran rimba bambu yang sudah diatur dengan teratur oleh orang-orang setempat. Pengaturan ini adalah usaha orang-orang setempat untuk jadikan Sembalun jadi desa wisata.

Di obyek wisata ini, Anda juga akan dimanjakan oleh panorama yang indah. Terutama untuk beberapa pencinta photo selfie yang seringkali mengunggah fotonya ke Instagram. Photo selfie dengan latar belakang rimba bambu dapat jadi photo yang menarik, lo!

34. Air Terjun Mangku Sakti

Air Terjun Mangku Sakti
Air Terjun Mangku Sakti
Di Kabupaten Lombok Timur, Anda dapat juga melihat kehadiran obyek wisata air terjun yang indah. Tempat itu yaitu Air Terjun Mangku Sakti yang ada di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Tempat ini berjarak lebih kurang 60 Km dari Kota Mataram. Setelah itu, untuk menuju ke tempat air terjun, Anda dapat naik ojek dengan tarif Rp50 ribu pulang – pergi.

Tarif ojek itu memanglah berkesan cukup mahal. Tetapi, jalur yang perlu dilewati memanglah susah, berbentuk ruang rimba. Diluar itu, akses menuju ke tempat obyek wisata Air Terjun Mangku Sakti juga cukup jauh, menjangkau 3 Km. Terutama, tukang ojek itu juga bertindak jadi seseorang pemandu serta portir.

Sesampainya di tempat obyek wisata Air Terjun Mangku Sakti, Anda juga akan ditempatkan dengan aliran air yang berwarna biru kehijauan. Diluar itu, Anda dapat juga menyusuri aliran air dari Air Terjun Mangku Sakti untuk dapat temukan kehadiran air terjun ke-2, yakni Air Terjun Mangku Kodek.

35. Wisata Pohon Purba Lian

Waktu ada di Lombok, Anda dapatlah menjumpai obyek wisata yang memberi situasi ala film The Hobbit. Tempat itu yaitu Wisata Pohon Purba Lian yang berada di Dusun Menanggabaris, Desa Gunung Malang, Kecamatan Pringgabaya, Lombok Timur. Perlu saat perjalanan sepanjang 2, 5 jam untuk dapat mencapai tempat ini.

Kekhasan paling utama dari tempat ini yaitu pada kehadiran pohon-pohon berumur beberapa ratus th. yang menjulang tinggi. Konon, pohon-pohon ini sudah ada mulai sejak jaman penjajahan Belanda. Pohon-pohon itu berjenis pohon lian serta mempunyai diameter batang menjangkau 5m serta tinggi 50m. Berdiri di samping pohon, Anda juga akan terasa seperti Bilbo Baggins, tokoh paling utama dalam film The Hobbit.

36. Pantai Pink

Pantai Pink
Pantai Pink
Pantai unik di Lombok tidak cuma Pantai Tanjung Aan yang mempunyai pasir seperti butiran merica. Di Lombok, ada juga obyek wisata beda yg tidak kalah unik, yaitu Pantai Pink. Sesuai sama namanya, pantai yang berada di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur ini mempunyai pasir berwarna kemerahan.

Warna kemerahan pada pasir di obyek wisata ini keluar karna tercampur dengan serpihan terumbu karang berwarna merah. Warna kemerahan itu juga akan tampak begitu mencolok ketika pasir terserang air laut. Terutama, bila Anda datang ke tempat ini pada situasi yang cerah.

Bila Anda tertarik menuju ke obyek wisata ini, perjalanan yang perlu dilewati cukup jauh. Jarak pada Kota Mataram dengan Pantai Pink menjangkau 90 Km. Perlu saat perjalanan sepanjang 2 jam untuk dapat menuju kesini.

Janganlah cemas, terdapat banyak tempat menarik beda yang dapat didapati saat datang kesini. Salah satunya yaitu Tanjung Ringgit, Gua Jepang, maupun Pantai Tanjung Beloam.

37. Tanjung Ringgit

Tanjung Ringgit
Tanjung Ringgit
Tanjung Ringgit dapat jadi tempat persinggahan waktu datang ke Pantai Pink. Keduanya keduanya sama masuk dalam lokasi Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Bahkan juga, jarak pada ke-2 tempat ini dapat dijangkau lewat cara jalan kaki. Maklum saja, keduanya cuma terpisah sejauh 1 Km.

Di obyek wisata ini, Anda juga akan dapat melihat kehadiran panorama tebing karang yang indah. Beberapa pencinta photografi juga akan terpuaskan saat datang ke tempat ini. Pemandangannya juga akan tampak makin menarik waktu diabadikan dalam satu photo. Ditambah sekali lagi, tempat ini sepi pengunjung. Jadi, Anda dapat senang berfoto-foto ditempat ini.

38. Gua Jepang

Obyek wisata Gua Jepang ini terdapat di Tanjung Ringgit. Ditempat ini, Anda juga akan menjumpai kehadiran beberapa sisa markas perang Jepang. Satu diantaranya yang menarik perhatian tiap-tiap pengunjung yaitu satu meriam.

Kehadiran Gua Jepang ini memerlihatkan bagaimana perlunya peranan Tanjung Ringgit untuk tentara Jepang. Terlebih, dalam menahan serangan dari pasukan sekutu. Meriam yang berada di obyek wisata ini juga mempunyai keadaan yang cukup tertangani, dengan panjang 5 m serta diameter 27 cm.

39. Pantai Tanjung Beloam

Obyek wisata selanjutnya yang dapat disinggahi saat datang ke Pantai Pink yaitu Pantai Tanjung Beloam. Tempatnya memanglah berdekatan dengan Pantai Pink maupun Tanjung Ringgit, masih tetap ada di lokasi Kecamatan Jerowaru. Disini, ada hotel yang dapat jadikan alternatif tempat bermalam, yaitu Hotel Jeeva Beloam.

Sesampainya di obyek wisata Pantai Tanjung Beloam, pemandangannya juga akan buat Anda terkagum-kagum. Pantai ini dikelilingi oleh tebing-tebing karang memiliki ukuran besar serta ada hamparan pasir putih yang tidaklah terlalu luas. Anda juga dapat terjun serta berenang di ruang pantai.

40. Pantai Cemara

Sedikit yang ketahui kehadiran Pantai Cemara yang berada di Lombok Timur ini. Obyek wisata ini memanglah sering dikatakan sebagai satu diantara pantai tersembunyi. Terutama, tempatnya jauh. Di ujung timur Lombok, berdekatan dengan Tanjung Ringgit serta masuk dalam lokasi Desa Pemokong, Kecamatan Jerowaru.

Butuh jadi catatan, ada dua obyek wisata bernama Pantai Cemara. Pantai Cemara yang lain ada di lokasi Kabupaten Lombok Barat, tidak jauh dari tempat Pelabuhan Lembar.

Jadi satu pantai tersembunyi, Anda dapat bersantai tanpa ada masalah di obyek wisata ini. Pemandangannya juga indah. Dengan kehadiran hamparan pasir putih yang diselingi oleh kehadiran rerumputan serta pohon cemara.

Mereka yang datang ke obyek wisata ini umumnya yaitu warga lokal. Kesibukan yang umum dikerjakan disini cukup bermacam. Dari mulai sebatas piknik, memancing, berenang, atau bahkan juga ada juga yang angon sapi.

Sudah pasti 40 obyek wisata itu cuma beberapa kecil tempat wisata yang dapat dikunjungi wisatawan. Banyak tempat beda yang dapat Anda telusuri sepanjang bertandang ke Pulau Lombok. Terutama, sekarang ini akses transportasi menuju ke Lombok dapat lebih gampang. Ada akses dari udara, laut, maupun darat.

Dengan beragam keringanan sesuai sama itu, pasti juga akan disayangkan bila keindahan obyek wisata di Lombok tidak dapat di nikmati oleh warga Indonesia sendiri. Ditambah sekali lagi, keindahan alam Pulau Lombok telah disadari oleh dunia internasional. Banyak yang mengatakan Lombok miliki keindahan yang menyamakan Hawaii. Yuk, liburan ke Pulau Lombok!


Advertisement
comments