-->

10 Tempat Wisata di Kota Sabang

- January 18, 2018
Sabang yaitu satu kota yang terdapat di satu pulau yang bernama Pulau Weh. Nama Pulau Weh sendiri berarti yakni pulau terpisah. Pulau ini persisnya ada di ujung paling barat Indonesia serta masuk kedalam sisi dari Propinsi Aceh. Pulau yang disebut sisi paling besar di kota Sabang ini, mempunyai potensi serta keindahan pesona alam yang bermacam.

Agar bisa menuju Pulau Weh, anda mesti memakai pesawat dari tempatmu menuju Bandara Sultan Iskandar Muda di Banda Aceh. Sesudah sampainya di bandara, anda dapat memakai kendaraan umum atau pribadi serta menuju ke pelabuhan Uloe Lheue untuk menyeberang ke pelabuhan Balohan di Sabang.

Waktu tiba di sana, anda dapat memakai dua pilihan transportasi untuk menyeberangi pulau, yaitu memakai kapal cepat atau memakai kapal feri.

Sesampainya di pelabuhan Balohan, jadi anda juga telah dapat berkunjung ke spot wisata di Pulau Weh. Tersebut sebagian maksud tempat wisata di Sabang Aceh yang menarik hingga sayang bila ditinggalkan...

1). Pantai Iboih 


Photo : fannysdibhrata on Instagram
Pulau Weh memanglah populer mempunyai banyak pantai dengan birunya air laut yang memukau, satu diantaranya yakni Pantai Iboih. Pantai ini sendiri berjarak sekitaran 50 km dari pelabuhan Balohan. Pantai ini cukup di kenal banyak oleh beberapa wisatawan lokal ataupun mancanegara waktu bertandang ke Sabang.

Di obyek wisata ini, anda dapat nikmati indahnya pesona pantai diatas perahu mesin yang sudah disiapkan untuk disewa. Diluar itu, pantai ini sangat asik untuk jadikan tempat snorkeling serta diving. Terdapat beberapa jasa yang sediakan perlengkapan snorkeling serta diving.

Bila menginginkan beristirahat sesaat di satu tempat penginapan, pantai ini memfasilitasinya dengan beragam tempat penginapan dengan harga yang beragam. Tempat penginapan tersebut di antaranya seperti homestay, barak, cottage. Semuanya tempat penginapan itu dikelola oleh warga setempat dengan baik.

Karna Sabang adalah sisi dari Aceh yang sebagian besar penduduknya yaitu muslim, ada ketentuan yang perlu anda taati waktu bertandang ke pantai ini. Untuk pengunjung kaum wanita, ada larangan tidak untuk memakai bikini serta baju renang. Serta pada hari kamis serta jum'at, pengunjung tidak diijinkan untuk ke Pantai Iboih.

Alamat : Kelurahan Iboih, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Aceh

2). Danau Aneuk Laot 


Danau Aneuk Laot atau seringkali dikatakan sebagai Danau Air Tawar ini terdapat di Kelurahan Aneuk Laot. Dalam bhs Aceh sendiri, Aneuk Laot itu bermakna anak laut. Nama danau ini diberi karna kota Sabang disekelilingi oleh laut, tetapi danau ini senantiasa memenuhi keperluan air bersih untuk orang-orang setempat.

Seperti wisata alam biasanya, tempat ini menghidangkan keindahan pemandangan alam yang memukau. Di sekitar danau ada banyak pohon rimbun menjulang tinggi yang pas jadi tempat beristirahat. Pengunjung juga tidaklah perlu cemas kepanasan waktu bertandang siang hari, karna udara ditempat ini begitu sejuk.

Wisatawan dapat juga lihat sunset laut Sabang yang ada pas di samping danau. Panorama yang begitu indah akan keluar pada malam hari. Pasalnya danau ini juga akan tampak makin cantik dengan lampu-lampu yang menyala yang datang dari atas bukit kota Sabang. Obyek wisata yang satu ini rasa-rasanya pas untuk jadikan lokasi untuk berlibur dengan keluarga.

Alamat : Kelurahan Aneuk Laot, Kec, Sukakarya, Sabang

3). Pulau Rubiah 


Photo : berkahkhano on Instagram
Di Pulau ini ada satu makam yang beranama Cut Nyak Rubiah, hal tersebut yang jadikan pulau ini bernama Pulau Rubiah. Menurut info warga setempat, konon disekitaran makam Cut Nyak Rubiah ada juga banyak makam yang lain yang disebut makam anak-anaknya. Walau demikian, pengunjung tidaklah perlu takut dengan kehadiran makam itu.

Pulau ini menghidangkan alam bawah laut yang begitu indah. Ada banyak terumbu karang indah serta ikan-ikan hias kecil yang memukau. Terkecuali pantai Iboih, Pantai Rubiah juga pas untuk lakukan Snorkeling serta Diving.

4). Pantai Sumur Tiga 


Photo : wahyuniputri94 on Instagram
Pantai Sumur Tiga adalah satu pantai yang menghidangkan hamparan pasir putih yang memukau. Pantai yang satu ini dapat disebut mempunyai garis pantai yang paling panjang dari pada pantai yang lain yang berada di Sabang. Pada sore hari, ombak di pantai ini cukup besar. Hingga peristiwa itu dapat digunakan untuk beberapa pengunjung penggemar snorkeling.

Tidak membawa perbekalan yang cukup? Tenang, di pantai ini ada satu restoran yang bernama Restoran Pantai Sumur Tiga. Nah, disana nanti pengunjung dapat nikmati sajian sembari lihat panorama pantai yang tersaji, benar-benar indah bukanlah.

Pantai Sumur Tiga ini sendiri menghadap ke arah timur. Oleh karena itu sunrise yang disugukan di pantai ini sangat cantik di dampingi dengan putihnya pasir dan laut yang berwarna biru kehijauan.

Alamat : Kelurahan Ie Meule, Kecamatan Sukajaya, Sabang


5). Benteng Jepang Anoi Itam 


Benteng ini adalah satu obyek wisata favorite untuk beberapa wisatawan waktu bertandang ke Sabang. Benteng yang memiliki nama Jepang Anoi Itam ini terdapat dibagian timur Sabang, persisnya berdampingan dengan pantai Anoi Itam.

Dulu, benteng ini adalah area untuk menyimpan senjata untuk beberapa pasukan Jepang. Ditempat ini, kita juga akan lihat panorama bukit dengan anak tangga diatas rimbunnya pohon.
advertisement


Walau benteng Jepang ini mempunyai histori kelam di waktu dulu, tetapi ada hal sebagai satu keunggulan ditempat ini, yakni panorama alamnya yang indah serta memukau waktu diliat dari atas bukit.

Didalam benteng ini, ada juga satu tempat bersantai yang menghidangkan menu rujak yang disebut keunikan di tempat Benteng Jepang ini.

6). Air Terjun Pria Laot 


Air Terjun Pria Laot
Photo : bugis. traveler on Instagram
Waktu bertandang ke Pulau Weh memanglah kita juga akan berfikir untuk berkunjung ke obyek wisata pantai maupun pulau. Walau sebenarnya, ada satu tempat wisata tersembunyi yang begitu menarik serta belum juga banyak di ketahui oleh wisatawan, yakni Air Terjun Pria Laot. Tempat wisata air terjun ini berada di hulu Gunung Sarung Keris, persisnya dibagian selatan Pulau Weh.

Hijaunya pohon-pohon yang melingkari tempat air terjun seolah bisa membius mata untuk yang menikmatinya. Udara di sekitaran tempat ini merasa sejuk serta fresh. Satu diantara keunikan ditempat ini yakni wisatawan juga akan mendengar beragam kicauan burung dengan nada yang indah.

Walau kolam air terjun ini mempunyai ukuran yang tidaklah terlalu besar, tetapi berenang serta berendang di kolam air yaitu hal yang mengasyikkan. Waktu berendam, badan rasa-rasanya seperti dikelitiki. Hal itu karena didalam kolam air ini ada banyak ikan-ikan kecil yang menyongsong beberapa wisatawan.

Alamat : Desa atau Gampong Pria Laot, Sabang, Aceh


7). Pantai Anoi Itam 


Pantai Anoi Itam
Photo : okky. arista on Instagram
Dalam bhs aceh Anoi bermakna pasir, sedang Itam bermakna hitam. Dapat diambil kesimpulan, jadi Pantai Anoi Itam ini adalah satu pantai yang mempunyai hamparan pasir berwarna hitam. Berikut satu kekhasan sendiri yg tidak dipunyai oleh pantai-pantai biasanya. Pasir berwarna hitam itu peluang besar datang dari gunung berapi di Pulau Weh yang masih tetap aktif.

Walau demikian, hamparan pasir hitam itu tidak mempunyai efek apa-apa. Jadi, pengunjung tetaplah dapat bermain dipinggiran pantai seperti umumnya. Untuk anda yang menginginkan berkunjung ke sensasi pantai yang unik serta sedikit berlainan, rasa-rasanya Pantai Anoi Itam ini yaitu pilihan yang pas.

Alamat : Anoe Itam, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh


8). Pemandian Air Panas Keuneukai 


Pemandian Air Panas Keuneukai
Photo : hijrahheiji. blogspot. co. id
Menginginkan memanjakan badan waktu musim libur tiba? berendam di pemandian Air Panas Keuneukai mungkin saja tempat wisata pilihanmu. Pemandian air panas ini adalah satu diantara maksud wisata yang begitu menarik ketertarikan beberapa wisatawan waktu bertandang ke Sabang. Pengunjung nanti dapat berendam serta rasakan relaksasi badan di pemandian Air Panas Keuneukai ini.

Tempat tempat ini terdapat dibagian selatan Pulau Weh, persisnya ada di Gampong Keuneukai Kec. Sukajaya. Untuk menuju tempat pemandian air panas ini tidaklah terlalu susah. Ditambah dengan keringanan rute angkutan umum yang berada di kota Sabang.

Obyek wisata di Sabang memanglah sangat banyak. Terkecuali pantai, pulau, air terjun, serta tempat wisata yang lain, kota ini mempunyai gunung berapi yang ada di tengahnya Pulau Weh. Oleh karena itu sumber air panas yang ada di pemandian Air Panas Keuneukai berasal.

Alamat : Gampong Keuneukai, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang


9). Pantai Ujung Kareung 


Pantai Ujung Kareung
Photo : oproject on Instagram
Sabang memanglah mempunyai banyak pantai yang banyak memikat beberapa wisatawan karna pesona birunya air laut yang indah. Tetapi, pantai yang satu ini rasa-rasanya belum juga banyak di ketahui oleh wisatawan, yaitu Pantai Ujung Kareung. Walau sebenarnya, pantai ini tidak kalah indahnya dari pantai-pantai yang berada di kota Sabang.

Pantai ini menghidangkan panorama laut yang indah dengan latar belakang bebatuan karang. Begitu pas untuk lakukan photo diatas bata karang dengan latar belakang birunya air laut yang memukau. Tapi tetaplah mesti hati-hati, ya!

Alamat : Desa Ie Meulee, Kota Sabang, Pulau Weh, Nanggroe Aceh Darussalam


10). Tugu Km. 0 Indonesia 


Tugu Km. 0 Indonesia
Photo : zahratul_ilmina on Instagram
Untuk anda yang baru pertama kalinya bertandang ke Sabang, berfoto di Tugu Km. 0 Indonesia ini adalah hal yang harus. Karna hal itu jadi bukti kalau anda sudah tiba di titik 0 yang terkait dengan nuansa nasionalismenya yang begitu kental. Tempat Tugu ini ada di ruang Rimba wisata Sabang, persisnya di Desa Iboih Ujong Ba'u.

Tidak seperti tujuan wisata yang menyugukan keindahan alam biasanya, tempat ini cuma menghidangkan tempat wisata bersejarah untuk beberapa wisatawan lokal ataupun mancanegara. Karna ramainya ketertarikan wisatawan yang bertandang ke tempat ini, jadi tugu ini direncanakan juga akan di buat lebih megah sekali lagi.

Alamat : Desa Iboih Ujong Ba'u, Kecamatan Sukakarya

Mencari Penginapan atau Hotel di Sabang?

Di lokasi Sabang serta sekelilingnya, anda dapat temukan penginapan atau hotel yang dekat dengan tempat wisata. Harga nya beragam, dari mulai seratus beberapa ribu untuk penginapan umum, sampai hotel berbitang 5 dengan harga yang sesuai sama sarana. Selekasnya booking dengan on-line sebelumnya harga naik.


Tersebut sebagian obyek wisata indah di Sabang, NAD yang dapat anda telusuri waktu ada di kota itu. Bila anda memiliki tujuan wisata yang lain yg tidak tercatat diatas, tak perlu sungkan untuk membagikannya lewat kolom komentar, ya. Happy traveling!
Advertisement
comments