-->

37 Tempat-Tempat Wisata di Aceh

- January 17, 2018
Apa yang terbayang dipikiran anda ketika mendengar nama Aceh? Kota Serambi Mekkah ini adalah propinsi paling Barat Indonesia serta paling utara di pulau Sumatera. Propinsi Aceh mempunyai banyak potensi, dari potensi alam, wisata, budaya, sumber daya manusia hingga sejarahnya yang begitu panjang serta brilian.

Dahulunya Aceh adalah satu Negara sendiri yang gabung dengan kesultanan Turki Ustmani, serta sampai saat ini masih tetap tersambung kedekatan pada ke-2 lokasi ini. Propinsi dengan jumlah masyarakat 4, 5 juta jiwa ini mempunyai banyak pantai yang indah. Momen yang dahsyat sempat berlangsung di Aceh, yakni Tsunami pada 2004 kemarin. Nah, anda dapat lihat museum tsunami yang saat ini jadi satu diantara obyek wisata di Aceh yang ramai dikunjungi.

Terkecuali Museum tsunami, masih tetap terdapat beberapa sekali obyek wisata di Aceh yang menarik untuk kita explore. Terdapat beberapa pantai yang indah, air terjun yang asri, tempat untuk diving yg tidak kalah dengan Indonesia Timur, serta banyak sekali lagi obyek wisata di Aceh yg tidak bisa kita terlewat waktu berlibur tiba.


TEMPAT WISATA DI ACEH YANG SAYANG UNTUK DILEWATKAN 

Di bawah ini Tempatwisataseru kumpulkan sebagian obyek wisata di Aceh yang kami merekomendasikan buat anda kunjungi waktu berlibur ke lokasi yang mempunyai otonomi spesial ini :

1. MUSEUM TSUNAMI 


Obyek wisata di Aceh yang pertama yaitu Museum Tsunami sebagai tempat untuk kembali kenang momen yang memilukan pada 2004 yang lalu. Beberapa ratus ribu orang tewas serta hilang, rumah porak-poranda, bangunan sekolah serta sarana umum rusak. Begitu momen ini begitu memilukan tidak cuma untuk Indonesia, tapi untuk muslim sedunia.



Buat anda yang ingin bertandang ke museum ini silakan datang saja ke Jalan Sultan Iskandar Muda No. 3, Sukaramai, Baiturrahman, Sukaramai, Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh 23243.

Di bawah ini yaitu sebagian ruang yang juga akan dilewati saat ada di Museum Tsunami Aceh :

Lorong tsunami. Sarana pertama yang dapat anda saksikan yaitu lorong tsunami di mana di lorong itu anda dapat mendengar nada gemuruh air serta kucuran air yang mengingatkan mengenai datangnya tsunami saat itu. Sinar di lorong museum tsunami remang dan gelap, lorong itu juga sembab. Lorong itu dimaksud dengan space of fear yang melukiskan ketakutan dari orang-orang Aceh saat tsunami datang.
Ruangan masa lalu. Ruang yang ke-2 yaitu ruang masa lalu yang penuh dengan memori, di sini ada 26 monitor sebagai simbol kalau peristiwa tsunami itu berlangsung pada tanggal 26 Desember 2004. Tiap-tiap monitor juga akan menghadirkan photo serta gambar orang sebagai korban dari tsunami. Penampilan serta gambar itu juga akan dihidangkan didalam monitor berbentuk slide.
Sumur doa. Anda dapat juga lihat sumur doa yang mempunyai bentuk silinder serta cahayanya remang. Tinggi dari ruang itu 30 mtr. serta ada 2 ribu lebih nama sebagai korban dari bencana tsunami. Nama itu tertulis serta tercantum dalam tiap-tiap dinding sumur doa itu. Filosofi dari ruangan ini yaitu kuburan masal yang ada sesudah tsunami. Pengunjung yang masuk ke ruang ini disarankan untuk berdoa sesuai sama agama yang diyakininya.
Lorong cerobong. Sesudah melihat-lihat sumur doa, kita dapat lihat lorong cerobong yang di desain dengan lantai yang berkelok-kelok serta lantai yg tidak rata. Makna dari desain ini yaitu melukiskan ketakutan, kebingungan serta keputus asaan yang dihadapi oleh orang-orang Aceh sesudah tsunami menempa. Orang-orang banyak yang bingung dengan arah yang juga akan diambilnya, kebingungan saat mencari sebagian sanak saudara yang hilang, kebingungan karna kehilangan beragam jenis harta benda yang dipunyainya. Ruang ini didominasi oleh lorong gelap yang nanti juga akan membawa pengunjung menuju ke sinar alami yang mempunyai filosofi berbentuk keinginan dalam kehidupannya.
Jembatan keinginan. Nah, sesudah melalui semuanya, ada satu ruang yang dinamakan jembatan keinginan. Di sini anda dapat lihat tegaknya 54 bendera dari 54 negara yang turut bersosialisasi dalam menolong orang-orang Aceh yang terserang tsunami. Di sebagian bendera yang berada di sana bertuliskan dengan kata “Damai” di mana ditulis berdasar pada dengan bhs negara semasing. Kata damai itu adalah refleksi dari perdamaian dari Aceh dari beragam jenis peperangan serta perseteruan yang berlangsung sebelumnya tsunami menerjang. Ada bencana gempa dan tsunami yang berlangsung di Aceh dunia dapat lihat dengan segera bagaimana keadaan Aceh waktu itu serta negara itu menolong wujudkan perdamaian yang berada di Aceh. Mereka juga ikut serta dalam membuat kembali kota Aceh sesudah bencana tsunami berlangsung.
Bagaimana? Anda tertarik untuk menyambangi museum tsunami ini? Museum tsunami ini mesti masuk dalam daftar obyek wisata di Aceh yang juga akan dikunjungi waktu berlibur ke sini.


2. PULAU RUBIAH 


Obyek wisata di Aceh setelah itu yaitu Pulau Rubiah yang lebih persisnya terdapat di Sabang, di samping barat laut Pulau Weh. Pulau ini dinamakan Pulau Rubiah ini didasarkan pada nisan yang berada di pulau ini. Di Pulau ini anda dapat beraktivitas diving serta snorkeling seru di sini. Keindahan bawah laut pulau Rubiah ini begitu menarik, di mana ada 14 dari 15 biota laut yang sekarang ini dilindungi di Indonesia.

Keindahan bermacam ikan tropis serta indahnya terumbu karang yang berwarna warni dapat kita nikmati dibawah laut pulau Rubiah ini. Spesial buat anda pasangan pengantin baru, di sini anda dapat berbulan madu yang akan tidak terlupakan. Bln. Madu anda pastinya akan berlainan serta juga akan terkenang seumur hidup.


3. PANTAI IBOIH


Terkecuali Pulau Rubiah, anda dapat juga berkunjung ke pantai Iboih yang keindahannya begitu fenomenal. Bahkan juga pantai Iboih ini adalah pantai yang paling indah di Aceh.

Keindahan pantai ini berbentuk pasir pantainya yang putih serta halus dan air pantai Iboih berwarna hijau Toska atau biru cerah, begitu mengasyikkan apabila dapat terlalu lama di pantai ini.

Pantai yang begitu indah bak ‘syurga’ ini begitu pas untuk dikunjungi oleh pasangan pengantin baru untuk berbulan madu. Situasi yang tenang serta asri buat hati kita jadi tentram. Dunia juga akan terasanya punya kita berdua.

Anda dapat juga nikmati keindahan biota laut di Pantai ini. Kesibukan snorkeling serta diving dapat anda kerjakan di sini, bahkan juga tanpa ada diving juga anda telah dapat nikmati keindahan bawah laut pantai ini, karna memanglah airnya yang begitu bening.

Ditanggung anda juga akan kerasan terlalu lama di pantai ini. Pantai Iboih terdapat di pinggir barat Pulau Weh. Persisnya di Desa Iboih, Kecamatan Sukakarya, Kabupaten Sabang, Propinsi Banda Aceh.

4. MASJID RAYA BAITURRAHMAN 


Masjid Raya Baiturrahman jadi obyek wisata di Aceh setelah itu. Masjid yang telah mulai dibuat mulai sejak 1612 ini jadi tujuan wisata religi yg tidak bisa anda terlewat.

Masjid ini saat momen tsunami waktu lalu jadi salah tempat orang-orang untuk berlindung. Masjid yang begitu bersejarah untuk orang-orang Aceh ini dibuat oleh Sultan Aceh saat itu yakni Sultan Iskandar Muda. P

Saat ini masjid Raya Baiturrahman ini jadi ikonnya wisata kota Aceh. Bangunan paling utama masjid ini berwarna putih dengan kubah berwarna hitam. Bangunan paling utama masjid itu juga akan dikelilingi oleh tujuh menara yang mempunyai kubah hitam di atasnya. Ada kolam besar dibarengi dengan pancuran air dimuka masjid dapat memberikan kesan juga akan kemegahan dari masjid ini.

5. AIR TERJUN BLANG KOLAM 


Air terjun Blang kolam jadi obyek wisata di Aceh yang pertama berbentuk air terjun. Air terjun Blang kolam terdapat di desa sidomulyo, nisam pada, Kecamatan Kuta Makmur, kabupaten aceh utara, Aceh. Untuk meniti tempat wisata ini dibutuhkan saat lebih kurang 30 menit dari ibukota Aceh.

Air terjun ini mesti masuk dalam daftar obyek wisata di Aceh yang juga akan anda kunjungi. Tempatnya yang masih tetap asri serta terbangun dengan baik pastinya akan buat tenteram perasaan kita.

Air terjun ini dimaksud air terjun kembar karna ada dua aliran air terjun. Air terjun Blang kolam ini mempunyai tinggi kurang lebih 75 km.

Kekhasan dari obyek wisata ini yaitu pengunjung dapat nikmati keindahan alam sekitaran lewat cara berkemah. Tetapi untuk wisatawan yang menginginkan berkemah baiknya memohon izin terlebih dulu pada pengelola wisata dan membayar cost sekitaran 5 ribu per orangnya.


6. AIR TERJUN SUHOM 

Air terjun suhom jadi obyek wisata di Aceh selanjutnya. Air terjun ini terdapat di di Desa Suhom, Kecamatan Lhoong, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Nanggro Aceh Darussalam.

Memanglah, untuk menjangkau air tejrun ini memerlukan perjuangan ekstra yg tidak gampang, karna kita mesti meniti jalan menanjak serta alami penurunan. Di selama perjalanan menuju air terjun pengunjung juga akan lihat pegunungan bernama Paro serta Kulu.

Tetapi tenang, setelah tiba ke air terjun ini seenak juga akan terbayar lunas, rasa capek saat itu juga juga akan hilang demikian kita menceburkan badan kita air terjun yang lebih serupa dengan kolam renang pribadi ini.

7. DANAU LAUT TAWAR 


Obyek wisata di Aceh setelah itu yaitu danau laut tawar yang letaknya berada di Dataran Tinggi Gayo kabupaten Aceh Tengah. Samping barat dari pantai ini yaitu kota Takengon, kota Takengon adalah ibukota dari Aceh Tengah.

Danau dengan luas sekitaran 5. 472 hektar serta panjangnya menjangkau sampai 3. 219 km ini jadi satu diantara tujuan wisata di Aceh yang sayang untuk ditinggalkan.

Wisatawan dapat lihat danau ini dari Dataran Tinggi Gayo, dari dataran tinggi itu dapat tampak begitu luasnya danau itu. Dengan panorama yang cukup indah, di rasa pengunjung akan tidak kecewa untuk nikmati panorama di sekitar danau apabila dipandang dari ketinggian yang cukup menarik.

8. PANTAI LHOKNGA 


Pantai Lhoknga jadi obyek wisata di Aceh setelah itu yg tidak bisa anda terlewat. Pantai ini mempunyai panorama yang indah, air yang bening dan pasir pantai yang putih bersih.

Pantai LhokngaPantai Lhoknga
Pantai ini cukup dekat dengan kota Banda Aceh, dengan cuma meniti jarak sekitaran 20 km kita dapat menjangkau pantai ini dari Kota Banda Aceh. Yang menarik dari pantai ini yaitu air pantainya yang berwarna biru serta berwarna hijau toska.

Pantai Lhoknga mempunyai bibir pantai yang cukup landai hingga dapat jadikan tempat untuk lakukan beragam berolahraga pantai maupun bermain pasir sepuasnya. Serta sekali lagi, wisatawan yang datang juga berselancar di pantai ini karna ombak di pantai ini cukup menantang, dapat menjangkau 1, 5 – 2 mtr..

Mendekati sore anda dapat lihat panorama Pantai Lhoknga yang indah. Ada sunset yang indah serta dapat diliat di pantai ini. Karna keindahan sunsetnya seringkali waktu sore hari pantai ini senantiasa ramai oleh pengunjung.

9. RUMAH CUT NYAK DIEN 


Rumah cut nyak dien dapat anda untuk jadikan tujuan wisata histori di Aceh, terlebih bila anda berlibur dengan anak-anak, memperkenalkan sosok pahlawan begitu perlu supaya tumbuh rasa cinta pada perjuangan pahlawan serta bangsa. Rumah Cut Nyak Dien

Cut nyak dien begitu populer jadi satu diantara pahlawan wanita yang berjuang melawan penjajah Belanda di bumi serambi mekkah.

Di Museum ini wisatawan dapat lihat arsip-arsip perjuangan beliau dalam perjuangannya mengusir penjajah Belanda. Tetapi sayangnya rumah itu cuma tiruan karna rumah aslinya sudah terbakar di th. 1896. Ada sisi yang masih tetap asli salah satunya yaitu sumur tinggi di mana bibir sumur itu dapat sampai ke lantai dua Rumah Cut Nyak Dien. Walau cuma tiruan anda juga akan tetaplah temukan nilai positif waktu ada ditempat ini.

Alamat : Desa Lampisang, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar.

10. TAMAN HUTAN RAYA POCUT MEURAH INTAN 

Obyek wisata di Aceh setelah itu cukup menarik untuk kita sambangi, yakni berbentuk taman rimba raya. Nama Taman rimba Raya Pocut Meurah Intan sendiri adalah nama dari seseorang bangsawan wanita keturunan Kesultanan Aceh serta di kenal jadi pejuang yang berani melawan Belanda. Taman Rimba Raya Pocut Meurah Intan

Taman ini sendiri masuk dalam 2 lokasi administratif yakni Kabupaten Aceh Besar dan Kabupaten Pidie. Di mana jaraknya sekitaran 70 km dari kota Banda Aceh, serta luas taman ini sekitaran 6300 ha serta didalamnya ada beragam jenis kekayaan alam berbentuk flora ataupun fauna yang berada di dalamnya.

Object wisata yang berada di sini bukan sekedar Tahura tersebut tetapi ada beragam jenis object wisata yang menarik yang lain. Object wisata yang berada di dalam Tahura Pocut Meurah Intan yaitu jadi di bawah ini :


  • Air terjun air panas. 
  • Kawah belerang. 
  • Tebing batu bersusun. 
  • Lantai gunung berbatu. 
  • Gunung gajah. 
  • Batu monyet. 
  • Bendungan peninggalan Belanda serta beda sebagainya. 
  • Wah cukup lengkap bukan? Begitu sayang untuk ditinggalkan. 


11. AIR TERJUN KUTA MALAKA 

Air terjun kuta malaka jadi obyek wisata di Aceh yang dapat anda kunjungi setelah itu. Air terjun ini terdapat di Desa Samahani. Kecamatan Kuta Malaka, Kabupaten Aceh Besar.

Air Terjun Kuta MalakaAir Terjun Kuta Malaka
Dari kota Banda Aceh kita cuma meniti perjalanan sepanjang 20 menit untuk dapat menjangkau Desa Samahani. Meskipun demikian, wisatawan yang menginginkan pergi ke air terjun ini memerlukan saat sebagian jam karena letaknya di bukit nan tinggi.

Air terjun ini terdapat pada ketinggian 600 mdpl dan bertingkat. Tingkatan tinggi dari air terjun ini dapat menjangkau 17 tingkat di ketinggian yang tidak sama. Supaya dapat sampai ke tempat ini, pengunjung mesti meniti medan yang terjal serta mesti ekstra hati-hati dalam mendaki bukit di mana air terjun ini ada.


12. TUGU NOL KILOMETER 

Tugu 0 Km. jadi satu diantara obyek wisata di Aceh yg tidak bisa anda terlewat. Umumnya mereka yang bertandang ke Aceh meluangkan untuk selfie-selfie di tugu ini jadi kenang-kenangan kalau mereka telah memijak titik 0 Indonesia. Tugu 0 Kilometer

jadi, kurang lengkap rasa-rasanya bila berlibur ke Aceh tapi belum juga selfie di dengan latar belakang tugu ini. Tempat tugu ada di Desa Iboih Ujong Ba’u, Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Pulau Weh, Aceh.

Jarak pada tugu 0 km. serta Kota Sabang yaitu sekitaran 29 km serta memerlukan saat lebih kurang 55 menit dengan memakai kendaraan motor.



13. PULAU BATEE 

Pulau Batee jadi obyek wisata di Aceh selanjutnya yang dapat anda kunjungi. Tempat pulau ini berada di Kabupaten Aceh Besar, Propinsi Banda Aceh. Pulau Batee

Untuk menjangkau pulau nan eksotis ini wisatawan harus memakai kapal boat untuk menyebrangi laut dengan estimasi saat tempuh skeitar 20 menit dari pusat kota Banda Aceh.

Pulau nan cantik ini senantiasa dipadati oleh wisatawan yang liburan pada weekend atau waktu musim berlibur tiba. Karna memanglah pulau ini begitu pas untuk jadikan untuk tempat liburan, dengan ombak yang tenang, kondisi pantainya juga cukup landai, hingga begitu pas bila anda pergi kesini dengan keluarga ataupun pasangan terkasih.

14. PULAU KELUANG 

Terkecuali pulau Batee, pulau Keluang dapat juga anda untuk jadikan obyek wisata di Aceh untuk menggunakan saat romantis dengan pasangan terkasih. Pulau Keluang

Pulau ini sendiri tempatnya berada di Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya, Banda Aceh. Pulau yg tidak kalah eksotis dengan pulau Batee ini tawarkan berlibur seru di pantainya yang berpasir putih, batu-batuan besar yang tersusun rapi di pinggir pantai, dan hijaunya pohon-pohon yang banyak tumbuh di sekitaran tempat.

Diluar itu, di sekitaran pulau ini ada juga ada pulau beda yang tidak kalah kecenya. Namanya Pulau Sudheun. Untuk menjangkau tempat ini, pertama-tama anda mesti melajukan kendaraanmu menuju Jalan Lintas Banda Aceh – Geurutee. Setelah itu, anda dapat meneruskan perjalananmu dengan memakai perahu boat yang cuma memiliki 4 orang. Saat tempuhnya sekitaran 15 menit perjalanan. Serta kemudian, hingga deh ke tempat.


15. GOA SARANG 

Bila anda menginginkan berlibur dengan nikmati pulau seperti pulau privat jadi anda dapat menuju sekitaran goa Sarang yang tempatnya masih tetap berada di pulau Kaluang. Goa Sarang

Dari gambar di samping kita dapat lihat bagaimana keseruan dapat berenang serta mandi sepuasnya di sekitaran goa Sarang yang airnya woow jernihnya.

Untuk menjangkau goa ini memanglah perlu sedikit perjuangan, ditambah sekali lagi belumlah ada papan panduan arahnya. Oleh karena itu baiknya anda beberapa bertanya pada warga setempat supaya tidak nyasar.

Anda mesti melalui jalur trekking dengan keadaan jalan yang berbatu. Diluar itu, anda juga mesti melalui tebing-tebing curam serta bebatuan karang. Perjuangan menuju ke tempat Goa Sarang juga akan lunas terbayar demikian kita lihat keindahan yang memukau dari Goa ini serta air lautnya yang sebening kaca hijau toska.

16. UJONG SEUKEE 

Obyek wisata di Aceh yang sekali lagi hits setelah itu yaitu satu bukit karang yang terdapat dibagian barat pantai Momong. Ujong Seukee terdapat di Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Banda Aceh. Ujong Seukee

Lokasi object wisata ini dikenal juga orang-orang sekitaran jadi tempat memancing yang paling kece. Oleh karena itu, bila anda tidak menginginkan ketinggal peristiwa seru ini, anda juga harus membawa perlengkapan pancing dari rumah.

Terkecuali dapat nikmati satu diantara spot paling baik untuk memancing, di sini anda dapat juga nikmati pemandangan Pantai Momong dari ketinggian. Ditambah sekali lagi pesona sunset yang memukau dari tempat ini. Ombak lautnya juga cukup tenang.

Warna airnya juga agak biru kehijau-hijauan. Serta yang paling perlu, disini banyak ikannya. Tempat ini jadi tujuan wisata rekomended buat anda yang menginginkan memperoleh situasi yang menentramkan.


17. PULO ACEH 

Di Kecamatan Pulo Acah anda dapat temukan banyak tempat wisata yang memukau berbentuk pantai-pantai nan eksotis. Di antara pantai-pantai itu seperti Pantai Nipah, Pantai Deumit, Pantai Deudap, Pantai Alue Reuyeng, Pantai Pasi Raya, Pantai Meulingge, Pantai Balu, Pantai Alue Raya, Pantai Pasi Lambaro, Pantai Pasi Raya, Pantai Mata-ie, Pantai Krisek, Pantai Lapeng serta beberap teluk yg tidak kalah indahnya. Pulo Aceh

Kecamatan pulo Aceh sendiri ada di Kabupaten Aceh Besar, Propinsi Banda Aceh. D Memanglah, Aceh cukup di kenal dengan wisata baharinya, jadi tidak heran bila banyak wisatawan yang bertandang kesini untuk menggunakan saat liburannya.

Di pantai-pantai ini anda dapat ber-snorkeling serta nikmati indahnya pemandangan bawah laut yang memukau. Terumbu karangnya masih tetap terbangun. Biota lautnya juga cukup lengkap.

Berlibur anda pastinya akan makin mengasyikkan serta tidak terlupakan.

18. AIR TERJUN PRIA LAOT 

Obyek wisata di Aceh setelah itu yaitu air terjun pria laot yang terdapat di Desa Pria Laot, Sabang, Propinsi Banda Aceh. Bila anda pergi dari pusat kota Sabang, jadi anda mesti meniti jarak sekitaran 12 km untuk hingga ke tempat. Air Terjun Pria Laot

Air terjun yang indah serta memukau ini mempunyai kelebihan berbentuk memiliki bentuk yang bertingkat. Diluar itu, disini juga ada satu kolam alami yang tempatnya ada pas dibawah air terjun itu.

Di kolam ini anda dapat berenang serta mandi-mandi sepuasnya seperti kolam renang pribadi di alam, begitu mengasyikkan sekali. Untuk sarana juga termasuk lengkap, dari mulai tempat istirahat, tempat beribadah yang luas, dan warung makan yang ada di sekitaran tempat.

19. AIR TERJUN TANSARAN BIDIN 

Air Terjun Tansaran Bidin

Setelah itu, anda dapat juga berkunjung ke air terjun transaran Bidin yang tingginya menjangkau 50 mtr. ini. Air terjun Transaran bidin ini tempatnya berada di Desa Tansaran Bidin, Kecamatan Bandar, Kabupaten Bener Meriah, Propinsi Banda Aceh.

Untuk menjangkau air terjun ini perlu sedikit perjuangan, di mana akses jalan menuju air terjun Tansaran Bidin memanglah belum juga demikian bagus. Anda mesti meniti perjalanan dengan melalui jalan setapak sepanjang lebih kurang 1, 5 jam.

Perjalanan yang melelahkan juga akan terbayar lunas waktu kita hingga ditempat ini. Untuk anda yang hoby trekking, air terjun ini harus anda input dalam daftar obyek wisata di Aceh yang juga akan anda kunjungi.

20. AIR TERJUN TAHURA SAREE 

Obyek wisata di Aceh setelah itu masih tetap berbentuk air terjun yang ada di lokasi Lembah Seulawah Aceh Besar. Air terjun Tahura Saree mempunyai kekhasan berundak-undak. Air Terjun Tahura Saree

Air terjun yang indah ini tempatnya yang agak masuk kedalam serta perlu perjuangan ekstra untuk dapat menjangkau air terjun ini.

Walau sebenarnya air terjun Tahura Saree mempunyai keindahan yang begitu menarik. Kita mesti melalui beragam halangan karna air terjun ini letaknya cukup jauh dari tempat parkir kendaraan. Bahkan juga, anda mesti masuk kedalam rimba yang cukup lebat.

Walau demikian, object wisata ini tetaplah jadi primadona serta senantiasa ramai didatangi pengunjung. Nah, bila anda pengin kesini, jadi anda mesti mempersiapkan uang sebesar Rp. 10. 000, 00 jadi cost retribusi untuk masuk object wisata ini. Sesudah membayar cost retribusi, anda juga akan diarahkan oleh Polisi Rimba untuk mengantarmu hingga ke tempat.


21. KUALA PARET 

Kuala Paret dapat anda input dalam daftar obyek wisata di aceh yang juga akan anda eksplorasi. Tempat wisata yang mempunyai keindahan yang memukau ini begitu menarik untuk kita eksplore lebih dalam. Kuala Paret

Disini anda juga akan temukan dinding batu alami yang dialiri air sungai yang cukup deras. Dinding batu itu membuat satu cekungan yang mirip satu kolam, hingga anda dapat faedahkannya untuk berenang.


Tempatkuala paret ini berada di Desa Kaloi, Tamiang Hulu, Banda Aceh. Serta memanglah, dengan administrasi, tempatnya masih tetap ada di lokasi perkebunan kelapa sawit PT. Ampli. Jaraknya juga cukup jauh dari pusat kota Kuala Simpang, yaitu sekitaran tiga jam perjalanan dengan memakai kendaraan bermotor.

22. LINGKOK KUWIENG 

Obyek wisata di Aceh setelah itu adalah satu lembah ngarai yang berada di Kecamatan Padang Tiji, Kapupaten Pidie, Banda Aceh. Nama object wisata ini yaitu Lingkok Kuwieng. Lingkok Kuwieng

Untuk dapat sampai ke sini, kita mesti melalui perjalanan sepanjang 1, 5 jam dari pusat Kota Pidie. Demikian hingga di lokasi object wisata Lingkok Kuwieng, anda juga akan dikenai cost retribusi sebesar Rp. 10. 000, 00/orang.

Sesudah kita hingga di pos penjagaan, kita masih tetap mesti jalan kaki menyusuri lereng lembah untuk menjangkau tempat ini. Keseluruhan saat yang anda perlukan sekitaran 1 jam perjalanan dengan melalui jalan setapak bebatuan. Walau merasa demikian melelahkan, tapi semuanya juga akan terbayar lunas waktu anda lihat keindahan Lingkok Kuwieng ini.

23. KUALA MERISI 

Nyatanya Aceh masih tetap mempunyai banyak pantai indah yang sayang untuk ditinggalkan, salah nya ialah Kuala Merisi sebagai satu diantara tempat untuk nikmati pantai dengan situasi yang sepi juga tenang.

Kuala Merisi sendiri terdapat di Desa Ketapang, Kecamatan Krueng Sabee. Dengan garis pantai yang panjang serta ombak yang kecil pantai Kuala Merisi begitu pas untuk bermain air di tepian pantai.

Di sini, wisatawan bisa nikmati deburan ombak dari pinggir pantai dengan mengadakan tikar, rasakan udara sejuk hembusan angin pantai. Seringkali juga obyek wisata yang satu ini jadikan untuk tempat berselancar karna ombaknya begitu pas untuk berolahraga air.

24. PUALU GOSONG 

Nama juga Gosong cukup unik didengar. Tetapi Pulau gosong ini bukanlah terdapat di Kepulauan Seribu tetapi satu pulau yang terdapat di Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya. Pulau Gosong

Dari Ibukota Kabupaten, Blangpidie Pulau Gosong menelan saat sekitaran 15 menit berkendara sebelumnya pada akhirnya tiba di Dermaga Ujong Serangga. Karena sangat kecilnya Pulau Gosong tampak jauh.

Walau sebenarnya dari dermaga yang umum digunakan oleh nelayan setempat itu memerlukan saat sekitaran 20 menit untuk berlayar ke Pulau Gosong. Dari pantai daratan pulau Sumatera ombak termasuk tenang sebelumnya pada akhirnya mendekati maksud.

Ombak yang menjangkau 3 mtr. dengan kecepatan angin buat boat nelayan yang ditumpangi pengunjung merasa oleng. Boat nelayan memiliki 15-20 penumpang menempatkan tarif Rp 450 ribu pulang-pergi.

Sayangnya, pulau indah serta menarik ini belum juga mempunyai sarana apa-apa hingga mesti memboyong peralatan sebagai keperluan sebelumnya berlayar. Sebut saja peralatan snorkeling, makanan, dan peralatan salat untuk yang muslim. Pulau Gosong banyak dikunjungi golongan muda, terlebih saat akhir minggu serta musim berlibur tiba.

25. PANTAI LAMPUUK 

Pantai Lampuuk jadi obyek wisata di Aceh setelah itu yg tidak bisa anda terlewat. Pantai ini mempunyai keindahan yg tidak kalah dari pantai – pantai Bali.

Pantai LampuukPantai Lampuuk
Pantai Lampuuk ini dikatakan sebagai pantai Kuta Aceh. Pantai Lampuuk sendiri mempunyai garis pantai yang panjang, yakni sekitaar 5 km dari selatan ke utara dengan pasir putih lembut serta tebing karang di ujung pantai. Banyak aktivitas yang dapat Anda kerjakan di pantai ini dari mulai berselancar, berjemur, berenang dan bermain banana boat.

Terkecuali kesibukan di pantai, anda dapat juga aktivitas pelestarian penyu di pantai ini. Anda dapat turut melepas tukik ke laut terlepas. Bila belum juga senang nikmati Pantai Lampuuk dalam satu hari, Anda dapat bermalam di cottage yang berada di lokasi pantai. Terkecuali dapat lebih lama nikmati keindahan pantai ini, Anda dapat juga memuaskan perut dengan bermacam hidangan ikan bakar di warung-warung sekitaran pantai.

Pantai Lampuuk ada di Desa Meunasah Masjid, Lhoknga, Aceh Besar. Harga ticket masuk yaitu 3. 000 Rupiah.


26. PANTAN TERONG 

Bila anda menginginkan nikmati keindahan Aceh Tengah dari ketinggian, anda dapat berkunjung ke Pantai Terong yang disebut bukit yang umum dipakai untuk lihat keindahan Aceh Tengah dari atas. Obyek wisata ini ada pada ketinggian 1830 mtr. diatas permukaan laut. Janganlah lupa membawa jaket serta baju hangat karna udaranya cukup dingin.

Pantan Terong - Obyek wisata di AcehPantan Terong
Keindahan pemandangan dari bukit ini begitu memukau, anda dapat juga Danau Laut Tawar yang meyerupai satu kuali raksasa dari atas bukit ini. Disini, Anda dapat juga nikmati panorama matahari terbit serta tenggelam yang begitu cantik. Jadi, sediakan camera serta abadikan peristiwa ini.

Pantan Terong terdapat di puncak bukit Dataran Tinggi Gayo Takengon Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah. Bagaimana? Anda tertarik untuk nikmati keindahan Aceh Tengah dari atas ketinggian?


27. BENTENG ISKANDAR MUDA DAN BENTENG INDRAPATRA 

Obyek wisata di Aceh yg tidak kalah menarik untuk kita kunjungi setelah itu yaitu benteng iskandar muda serta benteng indrapatra yang terdapat di desa Ladong Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar.

Benteng Iskandar Muda serta Benteng IndrapatraBenteng Iskandar Muda serta Benteng Indrapatra
Benteng Indrapatra sendiri yaitu satu benteng pertahanan yang dibuat mulai sejak Kerajaan Lamuri yang disebut kerajaan hindu pertama di Aceh.

Benteng Indraparta ini adalah peninggalan kerajaan Hindu yang terdapat di pesisir pantai Ujong Batee, persisnya di desa Ladong Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar.

Masih tetap dekat dengan tempat benteng Indraparta, ada juga sebauh benteng yakni Benteng Iskandar Muda. Didalam Benteng Iskandar Muda, ada dua buah sumur yang dinaungi bangunan berupa kubah. Benteng Iskandar Muda ini bertemu segera dengan Selat Malaka. JIka Anda menginginkan berkunjung ke benteng ini, Anda bisa memakai angkutan umum jalur ke Krueng Raya. Jaraknya cuma sekitaran 20 km dari Banda Aceh.

28. PUSAT LATIHAN GAJAH SAREE 

Terkecuali di Lampung, nyatanya di Aceh juga ada banyak gajah yang saat ini populasinya selalu menyusut. Tahukah anda, saat masa Kerajaan Aceh di pimpin oleh Sultan Iskandar Muda, Aceh mempunyai sekitaran 40. 000 ekor pasukan gajah yang terlatih. Pusat Latihan Gajah Saree

Dulu gajah dipakai untuk kepentingan militer tetapi saat ini gajah-gajah ini dilatih untuk kepentingan menyingkirkan gajah liar yang dapat membahayakan masyarakat di sekitaran rimba. Gajah-gajah itu dilatih Pusat Latihan Gajah Saree.

Pusat Latihan Gajah Saree ada di Kabupaten Aceh Besar. Disana, gajah-gajah dilatih supaya jadi penurut. Tidak cuma penurut, gajah-gajah ini dilatih untuk bermain sepak bola. Anda dapat berusaha untuk naik gajah berkeliling-keliling sekitaran tempat.

29. AIR TERJUN PEUKAN BILUY 

Masih tetap di Aceh Besar, ada air terjun Peukan Biluy yang sayang untuk ditinggalkan. Tempat wisata alam ini ada di Desa Biluy, Kecamatan Darul Kamal, dan adalah tempat rekreasi favorite untuk masyarakat setempat.

Air Terjun Peukan Biluy Air Terjun Peukan Biluy
Seperti wisatawan yang menginginkan berkunjung ke air terjun yang eksotis ini, anda mesti menapaki anak tangga sejumlah 172 buah dengan kemiringan rata¬rata 45 derajat.

Saat bencana tsunami 24 Desember 2004 yang lalu, jalan menuju air terjun Peukan Biluy rusak kronis bahkan juga perbukitan itu banyak yang sudah hilang tetapi telah diperbaiki.

30. GUA LOYANG KORO 
Gua Lorang Koro adalah obyek wisata di Aceh selanjutnya yang sayang untuk kita terlewat. Goa ini sendiri tempatnya di pinggir danau laut tawar ibu kota Takengon dengan jarak tempuh kurang lebih 5 km arah timur ibu kota takengon.
Gua Loyang koro
Goa loyang Koro jadi satu diantara tujuan wisata favorite orang-orang orang-orang sekelilingnya karna begitu indah serta asri hingga pada akhir minggu senantiasa ramai oleh wisatawan menginginkan nikmati saat berlibur dengan keluarga terkasih.
Gua ini letaknya di kaki Gunung Birahpanyang, turun ke bawah sekitaran 15 mtr. lewat bibir pantai dari jalan menuju kec. Bintang, gua ini mempunyai kedalaman kurang lebih 110 mtr., untuk masuk kedalam gua bisa dijangkau dengan jalan setapak.
Tempat persisnya gua ini berada di Desa Toweren, Kecamatan Lut Tawar, lingkungannya ada di sekitar Danau Lut Tawar.

31. GUA PUTRI PUKES 
Masih tetap berbentuk tempat wisata Gua, ada satu sekali lagi gua yang menarik untuk kita untuk jadikan tujuan wisata di Aceh persisnya di Aceh Tengah yang terdapat kaki bukit kecamatan kebayakan arah menuju ke Nosar kurang lebih sekitaran 2 km dari ibu kota Kabupaten Aceh Tengah. Gua putri pukes
Ada cerita menarik di balik nama Gua ini, konon ada hubungannya dengan lagenda Putri Pukes datang dari tanah Gayo, yang mengisah seseorang putri raja yang menyakai seseorang pangeran kerajaan beda lantas memohon pada seorang tuanya untuk mareka di nikahkan, awalannya orang-tua sang putri tidak menyepakati karna negeri sang pangeran begitu jauh tetapi putri serta pangeran begitu gigih memperjuangkan cintanya, pada akhirnya mareka di nikahkan.
Sesudah menikah sang putri mesti tinggal dengan serta di kerajaan suaminya. Putri pukes mohon pamit pada seorang tuanya serta diantar oleh pengawal, jikalau dengan hati yang begitu sedih orang tuanya harus juga melepas anaknya.

32. CAGAR ALAM JANTHO 
Cagar alam jantho dapat anda input dalam daftar obyek wisata di Aceh yang menarik untuk dikunjungi. Cagar alam ini sendiri tempatnya berjarak sekitaran 50 km dari pusat kota Banda Aceh. Tempat persisnya berada di Kota Jantho, Aceh Besar, Aceh. Cagar Alam Jantho
Di cagar alam ini ada beragam Flora serta Fauna hidup dalam cagar alam ini. Saat kunjungan paling baik pada bln. April s/d Agustus (Musim Kemarau) untuk nikmati panorama/pemandangan yang indah.
Beragam flora serta fauna dari mulai Pinus, Mampre, Jambu air, Gleum, Bremen, Sampang, Ara, Damar, Medang, Kayu hitam, Beringin, Meranti, Kandis, Rambutan rimba, Tampu, Ketapang, Medang ara, Lukup, Tampang, Lawang, Semiran, Anang, Jenarai, Kerakau, Rengen, Merbau. Sesaat keanekaragaman fauna yang dapat didapati seperti siamang, Owa, Macan dahan, Kucing Rimba, Rusa, Kijang, Kancil, Napu, Gajah, Kambing Rimba, Beruang, Trenggiling, Kukang, Kuao.

33. OBJEK WISATA PUTROE ALOH 

Obyek wisata di Aceh setelah itu yaitu Objek Wisata Putroe Aloh yang tempatnya berada di Kecamatan Alur Sungai Pinang. Tempat wisata ini dikenal juga dengan nama Pucok Krueng.

Diberi nama Pucok Krueng, karna memanglah sungai yang berada di lokasi ini terdapat di hulu (Pucok : hulu, Krueng : sungai).
Sedangakan pemberian nama Putroe Aloh tidak lepas dari narasi Malem Diwa serta 7 putri atau Jaka Tarun serta Tujuh Bidadari. Wisata alam di Pucok Krueng ini masih tetap begitu asri.
Sungai yang jernih dengan kebun pala di sekitarnya ditanggung juga akan buat rasa capek sesudah bekerja pupus saat itu juga.

34. GUNUNG SEULAWAH AGAM 

Waktu anda tengah ada di Kabupaten Aceh Besar, tak ada kelirunya untuk berkunjung ke Gunung Selawah Agam yang mempunyai banyak flora serta fauna.

Seulawah Agam yaitu Gunung yang begitu kaya beragam type Flora serta Fauna. Terdapat beberapa sekali, beragam fauna serta flora sebut saja Harimau Sumatera, Kedih, Burung Rangkong, serta Jamur dan beragam species serta satwa yang lain.
Seulawah Agam serta kembarannya Seulawah Inong gagasannya juga akan jadi lokasi konservasi.
Buat anda yang mempunyai hoby mendak gunung, cobalah taklukan gunug seulawah agam ini, untuk jalur pendakian di gunung Seulawah Agam ini memanglah di kenal tidaklah terlalu susah.
Jalur yang paling susah cuma sejauh 500 mtr. dengan tingkat kemiringan menjangkau 70 derajat. Kemudian, wisatawan juga juga akan memperoleh suguhan panorama yang indah dan jalur pendakian yang relatif lebih gampang.

35. GUNUNG BORNI TELONG 

Terkecuali gunung Seulawah Agam, anda dapat juga mendaki di gunung borni telong yang terdapat Kabupaten Bener Meriah. Gunung Burni Telong yaitu gunung aktif yang meletus Tanggal 7 Desember 1924 yang mengakibatkan rusaknya kronis dari lingkungan yang ada di sekelilingnya tidak kecuali lahan pertanian Serta beragam perkampungan. Gunung Borni Telong

Gunung itu cuma berjarak selitar 5 KM dari Redeolong yang disebut ibu kota dari Kabupaten Bener Meriah dan Bandar Udara Rembele, Untuk menjangkau Gunung Burni Telong ada beragam jalur yang dapat anda gubakan, Salah nya ialah Jalur Edelwais (selama jalur ditumbuhi oleh beragam type bunga Edelwais atau bunga kekal).

Jalur itu berawal pada Jalan Paling utama Takengon-Bireun si samping lereng Burni Telong yang ada di desa Bandar Lampahan. Bila Anda menginginkan mendaki di Gunung Burni Telong baiknya anda konsultasi dengan sebagian pemuda yang berada di sekitaran Gunung itu atau anda dapat membawa satu diantara darinya. Karna mengingat kalau jalur serta terjal nya medan yang perlu anda lewati.

Bagaimana? Anda terasa ditantang untuk menaklukan gunung ini?

36. PULAU SEUMADU 

Obyek wisata di Aceh setelah itu yaitu pulau Seumadu yang tempat persisnya berada di Kecamatan Muara Satu yang mempunyai ibu Kota Lhokseumawe. Pulau Seumadu - obyek wisata di Aceh

Pulau ini adalah satu diantara tujuan wisata di Aceh yang seringkali dikunjungi oleh wisatawan dari beragam daerah. Seumadu Island mempunyai keindahan pemandangan yang memukau.

Waktu tiba di pulau ini anda juga akan diterima dengan hamparan pasir putih serta air laut yang biruyang juga akan memanjakan mata anda.

Tempat wisata ini termasuk pada tempat wisata yang begitu lengkap karna memiliki sarana yang cukup lengkap. Anda bisa temukan rumah makan serta yang sediakan sarana karaoke untuk Andadan keluarga anda sembari nikmati bernyanyi dengan bahkan juga sarana hiburan yang lain yakni perahu bebek yang dapat Anda sewa untuk berkeliling-keliling. Untuk anda yang mempunyai hoby memancing obyek wisata ini adalah pilihan yang pas untuk anda.

37. KEGIATAN DIVING WISATA DI PULAU WEH 

Obyek wisata di Aceh yang paling akhir dari kami yaitu pulau Weh yang amazing, terutama alam bawah lautnya yang menarik. Keindahan alam bawah laut pulau Weh ini juga akan membius siapapun yang menyelaminya.
Advertisement
comments